Home » » CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU

CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU

Written By Unknown on Minggu, 23 September 2012 | 23.28

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu. Sudah rahasia umum di masyarakat, bahwa sekarang ini banyak beredar madu palsu. Bagi yang tidak mau tertipu tentu mencari info bagaimana membedakan madu asli vs madu palsu.
Banyak beredar informasi baik itu dari internet maupun dari mulut ke mulut bahwa cara membedakan madu asli dan palsu bisa dilihat dari ciri ciri fisik dan sifatnya. Misalnya, madu asli tidak dikerubung semut, kuning telur dimasukkan madu asli bisa matang, tidak tembus koran, dan jika dikocok mengeluarkan gas.
Tapi, ternyata tidak sesederhana itu, karena seiring perkembangan di dunia kimia, karakteristik tersebut ternyata bisa dipalsukan. Kita harus lebih jeli dalam membedakannya.
Berdasarkan informasi yang saya baca dari binaapiari.com, madu asli mempunyai beberapa sifat yang tidak bisa dipalsukan, diantaranya :

1. Madu asli mempunyai kandungan gula yang spesifik yang dapat mengubah sudut putaran cahaya terpolarisasi.

2. madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.

3. Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Bagi madu yang sudah dicampur akan lebih cepat membuat keruh.

4. Kandungan madu yang juga tidak bisa dipalsukan adalah adanya kandungan Enzim Diastase. Kandungan diatase inilah salah satu yang digunakan acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena enzim ini hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah.
Untuk yang terakhir tadi biasanya bisa dites melalui lab, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Dengan informasi tersebut semoga anda lebih jeli dalam memilih madu murni bila tujuannya untuk pengobatan. Sekian informasi seputar Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu.

0 komentar:

Posting Komentar