Home » » Ciri Khusus Pada Tumbuhan

Ciri Khusus Pada Tumbuhan

Written By Betti Miswati on Selasa, 04 Desember 2012 | 20.24

Mata Pelajaran : IPA, Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya, Kelas/Semester : VI/I

1. Kaktus : Tumbuhan kaktus dikelompokan ke dalam tumbuhan xerofit, karena hidup ditempat yang kering. Untuk dapat hidup penguapan air batang kaktus besar dan menggembung tujuannya untuk menyimpan cadangan air. Akar kaktus umumnya panjang agar dapat mencari air sebanyak mungkin.


2. Teratai : Habitat teratai di air dan umumnya di kolam. Teratai memiliki ciri daun yang lebar dan tipis. Gunanya untuk memperbesar proses penguapan. Batangya berongga dimaksudkan untuk jalan keluarnya udara agar tanaman teratai tetap mengapung di air. Batang yang berongga berisi udara.



 
3. Kantung Semar : di habitat aslinya di daerah rawa yang jarang ada kandungan mineral nitrogen. Untuk mendapatkan nitrogen kantung semar memperolehnya dari serangga. Bagian Bunga mengeluarkan madu untuk menarik perhatian serangga.Pada salah satu daunnya berbentuk  kantung dengan warna yang mencolok perhatian serangga untuk hinggap. Di dalam kantung ada lapisan yang lengket yang jika serangga masuk akan terpeleset dan tidak bisa keluar. Serangga tersebut akan dicerna kantung semar untuk memenuhi kebutuhan nitrogennya. Madu yang di keluarkan kantung semar disebut nektar.



4. Mawar. Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki pleh tanaman mawar. Gunanya untuk melindungi diri dari musuh.

5. Raflesia Arnoldi. Bunganya berbau bangkai alias busuk. Bau bunga ini untuk menarik perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh tanaman ini untuk membantu penyerbukan.

0 komentar:

Poskan Komentar