Home » » ROBOT PEMBANTU AUTISM (AUTIS)

ROBOT PEMBANTU AUTISM (AUTIS)

Written By Unknown on Jumat, 09 November 2012 | 02.31

Untuk penyandang autism, sekarang Inggris sudah membuat sebuah robot yang bisa mendampingi anak-anak autism, sehingga robot ini dapat melakukan terapi dan stimulasi pada penderita autism tersebut.  ROBOT PEMBANTU AUTISM (AUTIS) akan  bisa menari di seluruh ruang kelas sekolah negeri disana.

Salah satu sekolah Topcliffe Primary di Castle Vale, Birmingham sudah merasakan khasiat positif sejak robot yang bisa menari itu diperkenalkan Maret lalu. 

Robot kecil setinggi lutut anak kecil ini bisa menirukan joget Michael Jackson, bermain games dan menirukan gaya bela diri Tai Chi. 

Robot-robot tersebut sedang diteliti menggunakan teknologi yang bisa membantu anak autisme di Birmingham sebagai bagian dari Festival Ilmu Sosial. 

"Kami sedang mengembangkan bagaimana teknologi bisa membatu murid penyandang autisme agar bisa berkomunikasi lancar," ujar Peneliti Universitas Pendidikan Birmingham Dr Karen Guldberg seperti dikutip skynews.com

Murid penyandang autisme dibantu guru mereka menggunakan teknologi canggih guna membantu kegiatan belajar mengajar di kelas. 

"Robot didesains memiliki tingkah laku yang baik dan berperan sebagai teman."

Ide ini diawali penelitian sebelumnya yang membuktikan kalau anak penyandang autisme cenderung lebih tertarik pada komputer dan teknologi terutama karena memotivasi dan menarik.

Robot ini bisa membantu anak untuk bisa berinteraksi sosial dan komunikatif. 

"Robot ini luar biasa dalam proses pembelajaran anak autis," ujar Kepala Sekolah TK Topcliffe. "Anda bisa memprogram bahasa si Robot, bermain games dan belajar berbagai tingkah laku anak. Ke depannya, kita akan mencoba menerapkan robot tidak hanya di sekolah, tapi di rumah."
 
Sumber : http://www.antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar